Penyebab hilangnya kenyamanan suatu Negri


THORIQUNA.ID - Masih ingat dengan lagunya Koes Plus yang dimana menyanjung tentang negri ini.??
Dalam syair lagunya Koes Plus mengatakan  " Bukan lautan tapi kolam susu, tongkat kayu dan batu jadi tanaman",  Begitu sangat besar dan indahnya melihat negri ini, Bahkan kita tau ada semboyan yang menyebut negri ini dengan kalimat " GEMAH RIPAH LOH JINAWI TENTREM KERTO RAHARJO".

Negri ini adalah negri yang begitu indah, damai, tentrem.. LUAR BIASA..  Itulah lukisan tentang Negri Republik Indonesia. Akan tetapi kalau kita lihat kenyataanya hari ini, di mana seakan-akan keamanan itu telah tiada lagi. Banyak orang yang ketakutan tinggal di negri ini.

Kemudian juga pohon-pohon banyak yang menjadi mati. bahkan tongkat dan kayu bukan lagi menjadi tanaman, tapi tanaman yang menjadi kayu, kebakaran hutan dan sebagainya. Kenapa kemudian terjadi perubahan yang sangat besar sekali, kalau mau kita katakan dan kita bandingkan Indonesia di masa lalu dengan sekarang, apa penyebabnya..??

Apakah sekarang Indonesia dihuni oleh orang-orang yang bodoh?? orang-orang yang tidak mengerti mengelola negri ini.?? Tentunya tidak.. kita lihat orang-orang pintar semakin bertambah, negri ini di kelola oleh orang-orang yang memiliki ilmu yang cukup, kalau begitu apa penyebabnya.??

Kita bisa membaca dalam satu firman Allah SWT dalam surat an nahl ayat 112
Allah SWT berfirman:

وَضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا قَرْيَةً كَا نَتْ اٰمِنَةً مُّطْمَئِنَّةً يَّأْتِيْهَا رِزْقُهَا رَغَدًا مِّنْ كُلِّ مَكَا نٍ فَكَفَرَتْ بِاَ نْعُمِ اللّٰهِ فَاَ ذَا قَهَا اللّٰهُ لِبَا سَ الْجُـوْعِ وَا لْخَـوْفِ بِمَا كَا نُوْا يَصْنَعُوْنَ

"Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezeki datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah, karena itu Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang mereka perbuat."
(QS. An-Nahl 16: Ayat 112)

Allah membuat satu perumpamaan, Perumpamaan apa..??

Perumpamaan sebuah قَرْيَةً,  Perumpamaan sebuah negri, di mana negri ini dahulunya merupakan Negri yang sangat indah, yang rizkinya datang dari berbagai tempat, yang warganya hidup tentram dan aman.

Akan tetapi Allah SWT mengatakan

" Mereka kufur dan mengingkari nikmat-nikmat Allah, karena itu Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang mereka perbuat".


Saudaraku yang insyaa Allah di muliakan oleh Allah SWT, kita temukan jawaban dalam Al Qur'an, dimana saja, termasuk di negri kita, dimana terdapat perubahan yang drastis, yang dahulu aman kemudian jadi tidak aman, yang dahulunya sejahtera kemudian tidak menjadi sejahtera, yang dahulunya warganya terjaga keamananya jadi tidak terjaga keamanannya.

Ada satu penyebabnya, sebabnya karena penduduk negri ini banyak yang kufur kepada nikmat Allah, mereka tidak lagi mensyukuri nikmat Allah, baik dalam bentuk materi maupun dalam bentuk nilai yaitu nikmat IMAN DAN ISLAM.

Banyak orang yang sudah melupakan nikmat ini. Semoga kita di jadikan ABDAN SYAKURO, Hamba yang pandai bersyukur.

Alhamdulillahi Rabbil Alamin.


oleh : Ust. HAF Al Batawy

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.