PENYAKIT MENULAR IBLIS


Thoriquna.id - Kita sudah tahu bagaimana bahaya dari sebuah kesombongan, Al Kibru, yaitu dimana sebuah penyakit yang awalnya dari iblis Laknatullah alaihi kemudian bisa menular pada manusia, di mana iblis ketika di perintah oleh Allah SWT untuk tunduk menghormati Adam alaihi salam tetapi iblis menunjukan kesombonganya.


Bahkan iblis mengatakan :

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلاَّ تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَاْ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِي مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُ مِن طِينٍ...

"...Saya lebih terhormat dari Adam, Saya di ciptakan dari api sementara Adam dari tanah."
(Al-A’raf-12)

Ini adalah awal dari sebuah kesombongan, Jika menular pada manusia maka manusia akan menjadi orang yang sombong.

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ

"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan sebesar biji debu."
(HR. Muslim)

Allah SWT berfirman:


سَاَصْرِفُ عَنْ اٰيٰتِيَ الَّذِيْنَ يَتَكَبَّرُوْنَ فِى الْاَرْضِ بِغَيْرِ الْحَـقِّ ۗ وَاِ نْ يَّرَوْا كُلَّ اٰيَةٍ لَّا يُؤْمِنُوْا بِهَا ۚ وَاِ نْ يَّرَوْا سَبِيْلَ الرُّشْدِ لَا يَتَّخِذُوْهُ سَبِيْلًا ۚ وَّاِنْ يَّرَوْا سَبِيْلَ الْغَيِّ يَتَّخِذُوْهُ سَبِيْلًا ۗ ذٰلِكَ بِاَ نَّهُمْ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَا وَكَا نُوْا عَنْهَا غٰفِلِيْنَ

"Akan Aku palingkan dari tanda-tanda (kekuasaan-Ku) orang-orang yang menyombongkan diri di bumi tanpa alasan yang benar. Kalaupun mereka melihat setiap tanda (kekuasaan-Ku) mereka tetap tidak akan beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak (akan) menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka menempuhnya. Yang demikian adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lengah terhadapnya."

(QS. Al-A'raf 7: Ayat 146)


Jadi jelas bahwa orang yang sombong itu tidak akan mendapat hidayah dari Alllah SWT
- Mereka akan di palingkan dari ayat Allah
- Mereka tidak Akan mengerti tentang ayat Allah
- Mereka tidak akan mau mengimani ayat Allah


Inilah orang-orang yang menyombongkan diri di muka bumi, kemudian di ayat itu di katakan

وَاِ نْ يَّرَوْا كُلَّ اٰيَةٍ لَّا يُؤْمِنُوْ

Diperlihatkan, Dibacakan, Di jelaskan, tentang ayat Allah SWT tapi orang yang ada sombong dihatinya mengatakan "La yuminu biha",  Mereka tidak akan pernah mengimani ayat-ayat Allah itu.

Jadi orang yang sombong itu akan di jauhkan dari kebenaran, karena orang yang sombong itu "Batarul haq", Menolak sebuah kebenaran.


Kemudian dalam ayat ini juga dikatakan

وَاِ نْ يَّرَوْا سَبِيْلَ الرُّشْدِ لَا يَتَّخِذُوْهُ سَبِيْلًا

Jika di tunjukan Jalan yang haq mereka tidak mau mengikuti Jalan itu.


Saudara-saudaraku, betapa banyak orang yang ketika di tunjuki jalan islam mereka tolak, Tapi ketika di tunjuki jalan kekufuran mereka mengambilnya. Dan ini adalah akibat dari sebuah kesombongan. Sehingga mereka tidak mau mengambil jalan yang benar. Tapi justru mengambil jalan yang salah.

Kemudian di lanjutkan dalam ayat ini

 وَّاِنْ يَّرَوْا سَبِيْلَ الْغَيِّ

Jika ditunjuki jalan kesesatan

يَتَّخِذُوْهُ سَبِيْلًا

Dan mereka cepat-cepat mengambil jalan itu


Inilah orang-orang yang memiliki sifat sombong, Orang-orang yang tertular penyakit dari iblis, Sehingga di jauhi dari ayat-ayat Allah, mereka tidak akan beriman dengan ayat-ayat Allah, mereka tidak akan mengambil islam sebagai pegangan hidupnya, Tapi mereka sangat ridlo dan rela mengambil selain dari pada jalan islam.

Semoga kita di jauhi dari sifat sombong dan kita menjadi orang yang sangat peka terhadap jalan kebenaran.Kita ikuti jalan kebenaran dan kita jauhi jalan-jalan kesesatan.


Barakallahi wa lakum..



oleh : Ust. HAF Al Batawy

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.