Keseimbangan Didalam Islam



Allah SWT berfirman:

وَا بْتَغِ فِيْمَاۤ اٰتٰٮكَ اللّٰهُ الدَّا رَ الْاٰ خِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَ حْسِنْ كَمَاۤ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْـفَسَا دَ فِى الْاَ رْضِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

"Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan." (QS. Al-Qasas 28: Ayat 77)

Didalam Qs Al Qasas ayat ke 77 ini, ada 3 point penting yang harus kita perhatikan, yang Pertama adalah dimana Alloh SWT memerintahkan kepada kita untuk mencari perbekalan akhirat.

وَا بْتَغِ فِيْمَاۤ اٰتٰٮكَ اللّٰهُ الدَّا رَ الْاٰ خِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

Kita diperintahkan  mencari perbekalan untuk akhirat dengan tidak melupakan nasib kita didunia ini. Inilah salah satu bentuk wasathiyahnya ajaran Islam, bentuk keadilan ajaran Islam, dimana ketika kita diperintahkan untuk mencari sebanyak-banyaknya perbekalan negeri akhirat tapi bukan berarti kita harus melupakan kehidupan didunia, kita harus memperhatikan kehidupan kita didunia ini. Artinya sungguh sangat adil ajaran Islam ini.

Hal-hal yang memang harus banyak kita ambil dan kita persiapkan perbekalannya maka kita diperintahkan untuk memberikan prioritas terhadap hal tersebut dengan tidak melupakan hal yang lainnya.

Dan kemudian yang Kedua, Alloh SWT menjelaskan didalam ayat ini

وَاَ حْسِنْ كَمَاۤ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ

"Berbuat baiklah kalian kepada seluruh makhluk yang berada dimuka bumi ini sebagaimana Alloh SWT berbuat baik kepada kalian."

Saudara-saudara ku sekalian, ayat ini kalau kita lihat dari perintah Alloh SWT dimana kita disuruh berbuat baik sebagaimana Alloh SWT berbuat baik kepada kita adalah bentuk implementasi praktikal perintah Alloh SWT kepada Muhammad Rosululloh SAW terhadap tugas yang Beliau SAW emban yang termaktub didalam Qs Al Anbiya, surah yang ke 21 ayat 107

Allah SWT berfirman:

وَمَاۤ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّـلْعٰلَمِيْنَ

"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam." (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 107)

Dimana kita diperintahkan oleh Alloh SWT menebarkan rahmat dimuka bumi ini, menebarkan kasih sayang dimuka bumi ini.
Bahkan didalam salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :" Ar rohimuna yarhamuhumulloh ".
Orang-orang yang menyayangi apa-apa yang ada dibumi ini, maka Alloh SWT akan menyayanginya.
Kemudian Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan :" Irhamu ahlal ardhi yarhamkum man fissama ".  Sayangilah apa yang ada dimuka bumi ini, maka yang dilangit akan menyayangi kalian.

Saudara-saudara ku sekalian..
Dari keterangan 2 ayat dan satu hadist yang dijelaskan oleh Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas, ini merupakan dorongan kepada kita semuanya kaum muslimin untuk selalu menebarkan kasih sayang, menebarkan rahmat kepada semua makhluk, terhadap manusia baik Muslim maupun bukan Muslim, terhadap binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Ayat ini memotivasi kita, mendorong kita untuk selalu berbuat baik. Karena dengan kita berbuat baik kepada seluruh makhluk dimuka bumi ini menjadi sebuah thoriqoh, menjadi sebuah jalan dimana Alloh SWT akan mengampuni dosa-dosa kita, sebagaimana seorang pendosa yang melihat anjing yang sedang kehausan, lalu dia memberikan minum anjing tersebut dan dengan perbuatan dia tersebut diampunkan dosanya oleh Alloh SWT.

Dan kemudian yang Terakhir didalam surah Al Qasas, Alloh SWT berpesan
Janganlah kalian berbuat kerusakan dimuka bumi, karena Alloh SWT tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Barakallahu li walakum.

oleh : UHAF

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.