Islam adalah Agama yang penuh dengan kedamaian





Thoriquna.id - Islam itu adalah agama yang penuh dengan kedamaian, Dinnul silmi.
Agama yang menyeru kepada persatuan dan kesatuan.
Didalam firman Nya yang terdapat pada Qs Al Hujrat 49 : 13
Allah SWT berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا النَّا سُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ لِتَعَا رَفُوْا ۗ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَ تْقٰٮكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti."

Berlainan jenis, berlainan suku dan bangsa tetapi bukan untuk saling menindas, bukan saling  bermusuh-musuhan, tetapi Alloh SWT menyebutkan dengan kalimat lita'arofu.
Untuk saling kenal mengenal, untuk saling melindungi dan untuk menciptakan persatuan dan kesatuan.

Inilah ajaran Islam, ajaran yang sangat menganjurkan manusia untuk bersatu, khususnya kaum Muslimin untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan di internal orang-orang Islam.

Saudara sekalian...
Diayat yang lain Qs Ali 'Imron 3:103
Allah SWT berfirman:


وَا عْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖ وَا ذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَآءً فَاَ لَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَ صْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖۤ اِخْوَا نًا ۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّا رِ فَاَ نْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَـكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

"Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk."

Seruan yang sangat tegas didalam ayat ini, bahwa didalam mengamalkan ajaran Alloh SWT, kita diperintahkan untuk tetap bersatu. Menghindari segala bentuk perpecahan. Persatuan ini adalah bentuk dari nikmat Alloh SWT.

Didalam ayat ini, Alloh SWT mengingatkan kepada kaum Anshor yang berada di Madinah dengan kalimat :

وَا ذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَآءً فَاَ لَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ

Ingatlah kalian terhadap nikmat Alloh yang diberikan kepada kalian yang dahulunya kalian bermusuh-musuhan kemudian kalian menjadi bersaudara karena hati kalian ditaklukan dengan ajaran Islam.

Datangnya Islam ke kota Yatsrib, sebelum menjadi bernama Madinah, itu justru menghapus segala bentuk perpecahan. Sebelum kedatangan Islam, suku Aus dan suku Khadzroj yang  ada di Yatsrib selalu bertikai, tetapi dengan kedatangan Islam, mereka bersatu, mereka bersaudara.

Saudara ku sekalian,
Yang in syaa Alloh dimuliakan oleh Alloh SWT. Inilah sebetulnya sejatinya ajaran Islam bahwa Islam datang membawa kepada persatuan, bukan membawa kepada perpecahan.
Islam datang membawa kepada kedamaian, bukan menyeru kepada peperangan.

Setiap menusia yang tunduk kepada ajaran Islam dan hatinya takluk kepada ajaran Islam pasti akan tercipta kedamaian. Maka Islam itu memang agama yang membawa kepada kedamaian. Sepanjang orang menjalankan ajaran Islam, maka pasti akan tercipta kadamaian. Kedamaian di negaranya, bahkan kedamaian diseluruh dunia.


oleh :  Ust.HAF

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.